“New Normal” Traveler

Dunia berubah semenjak adanya pandemi COVID-19. The New Normal menjadi kata-kata yang lumrah kita dengar. Hal ini wajar mengingat banyaknya kebiasaan baru diberbagai bidang kehidupan termasuk dalam dunia pariwisata. Mau tidak mau pelaku usaha harus mengubah pola-pola dalam menjalankan usahanya. Banyak standar operasional yang harus diubah demi menjaga keberlangsungan usaha bidang pariwisata.

Lalu apa sajakah yang akan menjadi “The New Normal” dalam dunia pariwisata? Adalah protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 secara luas, sama seperti bidang usaha lainnya. Berikut adalah hal-hal bisa kita lakukan sebagai traveler ketika melakukan perjalanan wisata:

Saat Bepergian

  1. Gunakan masker
  2. Bawa hand sanitizer. Meskipun kini banyak tempat menyediakan hand sanitizer, tetap bawa hand sanitizer sendiri sehingga memudahkan penggunaan saat diperlukan
  3. Hindari atau meminimalkan menyentuh gagang pintu. Pintu bisa menjadi media penularan virus karena banyak disentuh oleh orang. Akan lebih baik jika sebisa mungkin menghindari menyentuh gagang pintu. Lebih bijak jika kita menggunakan punggung, bahu, pinggul atau siku tangan untuk membuka pintu.
  4. Physical Distancing. Tetap jaga jarak di manapun traveler berada
  5. Bawa plastik ukuran kecil (500 gram atau 1 kilogram). Plastik ini berfungsi sebagai “tempat sampah” sementara jika dalam perjalanan traveler ingin membuang tisu setelah bersin, batuk atau meludah.
  6. Kenakan sepatu. Menggunakan sandal saat dalam perjalanan mungkin lebih menyenangkan, tetapi tidak ada salahnya kini lebih sering mengenakan sepatu saat bepergian guna mengurangi resiko virus menempel langsung pada kulit.

Setelah Bepergian

  1. Melepas tas, jaket, dan alas kaki sebelum memasuki ruangan. Kita tidak pernah tahu apakah ada virus yang menempel pada barang-barang tersebut, maka tidak ada salahnya jika kita lepas sebelum memasuki ruangan.
  2. Menyemprotnya dengan desinfektan. Setelah kita lepas, semprot dengan desinfektan termasuk uang yang ada di kantong celana/ baju.
  3. Buang benda yang tidak dibutuhkan lagi. Benda ini bisa berupa nota belanja kebutuhan pribadi seperti belanja snack di minimarket atau. Jika memang masih dibutuhkan, semprot juga dengan desinfektan.
  4. Cuci tangan dan muka. Sediakan bak air atau buat saluran air di area depan agar kita bisa mencuci tangan dan muka. Selain bersih, itu juga membuat traveler terlihat lebih segar.
  5. Letakkan pakaian kotor di wadah tertutup. Setelah memasuki ruangan, segera lepaskan pakaian dan letakkan dalam wadah tertutup untuk kemudian dicuci.
  6. Mandi. Segera mandi untuk memebersihkan kotoran yang mungkin saja menempel di badan.

Itulah tadi beberapa tips bagi para traveler jika harus melakukan perjalanan di masa pandemi.

Happy traveling and stay save!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.