Pedoman New Normal PT KAI

Mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COIVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi, PT. KAI menyiapkan pedoman New Normal dalam pelayanan kepada pelanggan baik pada bisnis angkutan penumpang dan barang.

Kebijakan ini nantinya merupakan adaptasi dari protokol kesehatan yang sudah berjalan selama ini tanpa mengurangi kualitas pelayanan dengan tujuan melindungi pegawai dan pelanggan kereta api agar tidak terpapar COVID-19 selama berada dalam perjalanan dan selama berada di stasiun kereta api.

Pedoman ini akan diberlakukan saat layanan Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi. Menunggu arahan dari Menteri Perhubungan dan perkembangan dari pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di daerah-daerah.

Beberapa poin dalam pedoman New Normal Kereta Api tersebut adalah:

  • Tiket hanya bisa dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi PT. KAI.
  • Loket di stasiun hanya difungsikan untuk pembelian tiket go show dan dibuka 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan.
  • Wajib mengenakan masker di area stasiun dan di dalam gerbong kereta api.
  • Pengecekan suhu tubuh saat memasuki stasiun
  • Scan tiket secara mandiri oleh calon penumpang

Selain itu ketika dalam perjalan, ada juga beberapa protokol kesehatan seperti:

  • Penumpang akan diminta menggunakan face shield mulai dari stasiun keberangkatan hingga keluar dari stasiun kedatangan
  • Pengecekan suhu tubuh setiap 3 (tiga) jam sekali. Jika suhu tubuh penumpang mencapai 37,3 derajat Celcius atau lebih dan menunjukkan gejala COVID-19 penumpang akan dipindahkan ke ruang isolasi yang ada di kereta api.

Tidak hanya penumpang, protokol kesehatan New Normal juga akan berlaku pada seluruh petugas kereta api antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska, pramugari, dan petugas kebersihan di atas kereta api. Mereka wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan, dan face shield.

Kebersihan di lingkungan kereta api juga akan dijaga dengan cara dibersihkan secara berkala menggunakan bahan pembersih yang mengandung disinfektan. Tak lupa, fasilitas penunjang kebersihan seperti wastafel portabel dan hand sanitizer disediakan diberbagai titik yang mudah dijangkau oleh penumpang.

Happy Travelling and Stay Save!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.