Simpanglima Semarang

Simpanglima Semarang (Foto: Semarangwingkorolls.net)

Mengunjungi kota Semarang tentu tidak bisa dilepaskan dari kawasan Simpang Lima. Sebuah kawasan yang saat ini menjadi pusat kegiatan warga kota Semarang. Sebagaimana konsep kota pada umunya di Nusantara, Semarang juga mengadopsi hal tersebut. Jika awalnya dulu pusat kota adalah wilayah Kauman, sekarang digantikan oleh Simpang Lima. Konsep tersebut adalah dimana pusat pemerintahan selalu berdekatan dengan tempat ibadah, pasar, dan alun-alun.

Pusat pemerintahan bisa kita lihat di jalan Pahlawan dimana terdapat Kantor Gubernur dan Gedung DPRD. Sedangkan pasar dan tempat ibadah bisa kita lihat langsung saat berada di kawasan “alun-alun” Simpang Lima dalam bentuk pusat perbelanjaan dan Masjid Bairurrahman.

Asal muasal nama Simpang Lima tentu mudah kita pahami adalah karena kawasan ini merupakan sebuah persimpangan dengan 5 (lima) jalan utama kota Semarang yakni jalan Pahlawan, jalan Ahmad Yani, jalan Gajahmada, jalan Ahmad Dahlan, dan jalan Pandanaran.

Apa saja yang bisa kita temukan di Simpang Lima sehingga wisatawan “wajib” datang kesini jika sedang mengunjungi kota Semarang?

Berikut daftarnya:

1. Lapangan Pancasila.

Foto: akhsadew.blogspot.com

Lapangan yang terletak di tengah Simpang Lima merupakan ajang bagi warga Semarang melakukan aktifitas seperti olahraga, hiburan atau sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan. Berbagai acara sering dihelat di lapangan Pancasila. Mulai dari acara hiburan hingga acara kenegaraan seperti upacara Kemerdekaan RI 17 Agustus.

Jika anda berkunjung pada malam hari, suasananya jauh lebih ramai karena sudah tidak panas lagi dan lebih banyak hiburan. Selain itu juga banyak keluarga yang datang mengajak anaknya agar bisa bermain bebas di lapangan.

Acara yang rutin diadakan adalah Car Free Day setiap hari Minggu pagi. Disini lebih meriah lagi karena biasanya ada performance dari anak-anak muda Semarang yang kreatif.

2. Pusat Perbelanjaan.

Mal Ciputra Semarang (Foto: malciputrasemarang.com)

Di kawasan Simpang Lima terdapat beberapa mall antara lain Mall Ciputra dan Plaza Simpang Lima. Dua pusat perbelanjaan ini sudah menjadi ikon kawasan Simpang Lima sejak tahun 90-an dan tetap menjadi tujuan belanja favorit warga Semarang.

Terhubungnya dua mall ini juga memberikan nuansa baru. Jika dulu dua mall ini bersaing, sekarang menjadi terintegrasi karena Plaza Simpang Lima sekarang berubah menjadi pusat penjualan gadget (smartphone, tablet, pc, dan laptop) sedangkan Mall Ciputra menjadi pusat belanja dan lifestyle.

3. Pusat Hiburan dan Kuliner.

Pusat kuliner Simpang Lima (Foto: Murianewscom)

Jika Anda lihat di sekitaran Simpang Lima, pasti ada banyak berjajar pusat kuliner Nusantara yang menyediakan beragam menu. Anda bisa lakukan wisata kuliner sebelum atau sesudah menikmati hiburan seperti nonton film atau berkaraoke. Jam bukanya pun sampai tengah malam.

4. Banyak Pilihan Tempat Menginap. 

Hotel Holiday Inn Express jalan Ahmad Yani Semarang (Foto: Situshotel.com)

Sebagai kawasan wisata belanja sekaligus pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan Simpang Lima juga banyak terdapat pilihan tempat menginap. Banyak hotel dengan berbagai kelas yang bisa Anda temukan dengan harga bervariasi. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan budget yang tersedia.

5. Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid Raya Baiturrahman (Foto: YPKPI)

Tidak hanya menawarkan gemerlapnya kota, kawasan Simpang Lima juga ada Masjid Raya Baiturrahman sebagai penyeimbang dan mempermudah wisatawan Muslim yang hendak menjalankan kewajibannya. Di Masjid Raya Baiturrahman juga banyak kegiatan kemasyarakatan yang bisa diikuti oleh beragam kalangan seperti Gambang Syafaat atau forum-forum lainnya yang  selaras dengan fungsi. misi, dan misi dari Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

*

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.